Facebook Twitter Google RSS

Senin, 20 Juli 2009

ATESEA General Assembly Diselenggarakan di SAAT Malang

ADMIN    03.10  No comments

The Association for Theological Education in South East Asia (ATESEA) atau Asosiasi Pendidikan Teologi di Asia Tenggara baru saja menyelenggarakan General Assembly bertempat di Sekolah Alkitab Asia Tenggara (SAAT) Malang, Indonesia pada tanggal 1-5 Juli 2009. ATESEA ini didirikan di Singapura pada tahun 1957.

Sekarang ini, anggotanya tercatat sebanyak 104 sekolah yang berasal dari Australia, Bangladesh, Kamboja, Hongkong, Indonesia, Korea, Malaysia, Myanmar, New Zealand, Pakistan, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, Vietnam. Beberapa sekolah dari beberapa negara berstatus “Associate Members” karena berasal dari luar wilayah Asia Tenggara. Ada tiga negara yang sekolah anggotanya terbanyak yaitu, Filipina , Myanmar dan Indonesia . Dari Indonesia tercatat 19 sekolah teologi a.l. Fakultas Teologi UKDW Yogyakarta, Fakulas Teologi UKSW Salatiga, Fakultas Teologi UKAW Kupang, Fakultas Teologi UKIM Ambon, STT Jakarta dan Fakultas Teologi UKIT Tomohon. Pengurus ATESEA ini terdiri dari Executive Committee yaitu Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara dan 4 orang Anggota. Operasional Program dikerjakan oleh Executive Director yang bekerja fulltime. Program utamanya adalah Akreditasi, Penerbitan Jurnal/Buku dan Faculty Development melalui Program Pascasarjana yang dikenal dengan nama The South East Asia Graduate School of Theology (SEAGST). Setiap empat tahun diselenggarakan Rapat Umum yang dihadiri oleh para pimpinan sekolah-sekolah anggota untuk mengevaluasi program dan menyusun program untuk periode berikutnya serta memilih dan menetapkan pengurus baru.

Untuk periode 2009-2013 telah dilantik sebagai chairperson : Dr. Wu Fu Ya ( Taiwan ); vice-chairperson : Dr.Ngoei Foong Nghian ( Singapore ); Secretary : Dr.Muriel Orevillo-Montenegro (Filipina); Treasurer : Dr.Ezra Kok Hon-Seng ( Malaysia ); Members: .Dr.Jan Aritonang ( Indonesia ); Dr.San Myat Shwe ( Myanmar ); Prof.Dr.John Titaley ( Indonesia ); Dr. Joyce J.Abugan (Filipina). Executive Director : Dr.Limuel Equina (Filipina). Kali ini yang menjadi chairperson dan secretary , keduanya adalah perempuan, dan semua pengurus adalah orang-orang baru sama sekali, kecuali Executive Director adalah mantan member periode yang baru berakhir.

Turut hadir dalam rapat ini adalah Para Mitra yaitu Ecumenical Theological Education World Council of Churches (ETE-WCC) berkantor di Geneva Swiss, Foundation For Theological Education in South East Asia (FTESEA) berkantor di India, Christian Council of Asia (CCA) berkantor di Thailand.

Demikianlah berita dari Malang yang disampaikan oleh Pdt.Augustien Kapahang-Kaunang, Dekan Fakultas Teologi UKIT yang menghadiri Rapat Umum ATESEA ini.

0 komentar :

Labels

Recent news

About Us

Fakultas Teologi UKIT (Jln. Raya Tomohon Kakaskasen) Telp. (0431) 351081, Fax (0431) 351585