Facebook Twitter Google RSS

Minggu, 16 Oktober 2011

LAPORAN DEKAN

ADMIN    20.01  No comments

Disampaikan dalam PerayaanDies Natalis ke-49 Fakultas Teologi UKIT Jumat, 7 Oktober 2011
Puji syukur kepada TUHAN Allah di dalam Yesus Kristus yang oleh kuat kuasa Roh Kudus terus menuntun perjalanan Fakultas Teologi Universitas Kristen Indonesia Tomohon (FTeol UKIT) sehingga hari ini Jumat, 7 Oktober 2011 berusia 49 tahun. Inilah hari yang dijadikan Tuhan, marilah kita bersorak-sorai dan memuji nama-Nya.

Dalam waktu satu tahun terakhir ini (Oktober 2010-Oktober 2011) dalam situasi yang sulit karena ‘kemelut’ organisatoris (sejak tahun 2006), FTeol UKIT tetap melaksanakan tanggungjawabnya di bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat. Salah satu agenda maha penting yang dapat kami lakukan ialah mengikuti proses Akreditasi. Pada tanggal 15-16 Desember 2010, Program Studi Teologi Kristen Protestan telah dikunjungi oleh dua orang Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dengan penuh pengharapan kami menunggu hasil kunjungan ini. Kunjungan ini membuktikan bahwa FTeol UKIT berada pada jalur yang benar secara de facto dan de jure sebagai bagian integral dari Universitas Kristen Indonesia Tomohon. Menyongsong tahun 2012 sebagai batas pengurusan akreditasi, kita tidak perlu kuatir akan keberlanjutan lembaga ini dan legalitas para tamatan kini dan ke depan karena kita telah dikunjungi oleh Tim Asesor BAN-PT.

Satu tahun terakhir ini adalah masa peralihan kepemimpinan dari periode 2006-2010 dan perpanjangan 2010-2011 ke periode 2011-2015. Untuk itu, kami telah menyusun Program Kerja (Akademik, Administrasi Umum dan Keuangan, Kemahasiswaan) sebagai panduan kerja periode yang baru ini. Kami terus menjalin hubungan kemiteraan dengan Asosiasi Sekolah-Sekolah Teologi di Asia Tenggara (ATESEA) dan Perhimpunan Sekolah-Sekolah Teologi di Indonesia (PERSETIA) dan memenuhi undangan dari Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI).

Salah satu kebutuhan inti yang mendesak dikerjakan pada tahun pertama periode ini ialah Revisi Kurikulum dan Peraturan Kelembagaan. Hal ini sedang dalam proses. Kami upayakan agar dapat selesai pada tahun ajaran 2011/2012. Juga, kami sudah dapat mendata alumni tahun 1980-2010 sebanyak 3552 (sudah dibukukan). Pendataan ini kami akan selesaikan dalam waktu dekat ini.

Terselenggaranya beberapa kegiatan penting dalam satu tahun terakhir ini, karena komitmen kuat dari sivitas Fakultas (dosen, mahasiswa dan pegawai) yang tak pernah surut di tengah segala kesulitan bahkan ‘ancaman’ baik kepada lembaga maupun kepada perorangan. Juga topangan dari orang tua, para alumni, jemaat-jemaat GMIM (dalam program Studi Tour Paskah), Sinode-sinode: GMIST, GMIBM,GKLB, GMIH (dalam program Studi Tour Paskah, PPL dan Temu Alumni). Juga pengayoman untuk kenyamanan dan keamanan lingkungan dari Pemerintah kelurahan Kakaskasen. Kami haturkan banyak terima kasih atas kebersamaan dalam memajukan FTeol UKIT ini.

Dalam rentang waktu satu tahun ini, kami kehilangan seorang dosen senior Pdt.Dr.A.F.Parengkuan yang telah mengabdikan dirinya, mengajar dan mengikuti segala kegiatan di kampus meski sakit sampai akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada 5 Maret 2011. Perannya sebagai dosen Sejarah Gereja dan anggota Senat Fakultas, yang terus bersama berjuang di kampus ini, membuat kami merasa sangat kehilangan. Banyak Terima Kasih atas segala pelayanannya bagi lembaga ini. Terima kasih pula untuk isteri dan anak-anak Kel. Parengkuan-Balompapueng atas kebersamaan kekeluargaan di kampus ini.
Dari almamater (rahim ibu) ini dan dengan tema perayaan “Ingat Bumi, Ingat Ibu” serta dalam keyakinan bahwa Tuhan Allah menghibur dan melindungi kita “Seperti seseorang yang dihibur ibunya, demikianlah Aku ini akan menghibur kamu;…” (Yes 66:13), “Seperti burung yang berkepak-kepak melindungi sarangnya, …” (Yes 31:5), kita rayakan karya kita dalam karya-Nya hari ini dan selalu terus.
Selamat bagi kita semua. Pakatuan wo Pakalawiren
Tomohon, 7 Oktober 2011
Dekan/Ketua Senat
Pdt.Dr.Karolina Augustien Kapahang-Kaunang

Lampiran 1 Bidang Akademik
· Kegiatan rutin pembelajaran di kelas, pembimbingan skripsi sesuai dengan jadual yang sudah ditetapkan/disetujui.
· Jumlah mahasiswa yang aktif di Semester Ganjil 2011/2012 : 207 orang.
· Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) mengambil lokasi di : Gereja Kristen Luwuk Banggai (GKLB) dan Gereja Masehi Injili Halmahera (GMIH) dan diikuti oleh 45 orang.
· Kuliah Kerja Nyata (KKN UKIT) Satgas Kampus berjumlah 38 orang.
· Kursus Intensif Bahasa Inggris periode Juli-Agustus 2011 diikuti oleh 25 orang
· Seminar Hasil Penelitian dilaksanakan sebanyak 5 kali :
- 13 November 2010 :19 orang
- 26 Maret 20111 : 20 orang
- 27-28 Mei 2011 : 16 orang
- 18 Juni 2011 : 6 orang
- 30 September 2011 : 8 orang
· Ujian Stratum Satu (S1) dilaksanakan sebanyak 4 kali :
- 11 Desember 2010 : 22 orang
- 18 Januari 2011 : 6 orang
- 29-30 April 2011 :17 orang (1 orang non skripsi dan 16 orang skripsi)
- 2-3 Agustus 2011 : 24 orang
· Kuliah Semester Antara 2011 diikuti oleh 14 mahasiswa dan 11 Dosen Pengajar.
· Laporan EPSBED 2010.2 sedang dalam proses penyelesaian.
· Jumlah lulusan Semester Ganjil dan `Genap 2010/2011 : 69 orang. Lamanya studi :
VII-VIII semester : 1 orang
IX-X semester : 42 orang
XI-XII semester : 16 orang
XIII-XIV semester : 10 orang
Lampiran 2
Bidang Administrasi Umum, Keuangan, Sarana Prasarana
· Melakukan penjabaran job description kepada para pegawai.
· Merekrut 2 orang pegawai masing-masing Bidang Kemahasiswaan & HUMAS, Sdr. Jorry Tumengkol, M.Teol dan Bagian Perpustakaan, Sdr. Farly Rondonuwu, S.Teol.
· Melaporkan pertanggungjawaban keuangan setiap bulan.
· Ketambahan Prasarana untuk kebutuhan proses pembelajaran
· Melalui program Mahasiswa KKN UKIT, Fakultas Teologi kini memiliki kantin.
Lampiran 3
Bidang Kemahasiswaan dan Hubungan Masyarakat
- Walaupun ada pergantian (umum atau perwalian), namun Konvokasi Perwalian dan Umum dilaksanakan sesuai jadwal.
- Program bersama PD3 dan Pimpinan Lembaga Kemahasiswaan (DEM/DPM), antara lain: Pertukaran Mahasiswa antara Fakultas Teologi UKIT, Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng dan Sekolah Tinggi Agama Islam Manado, dan Festival HIMA dalam rangka penggalangan kreatifitas Mahasiswa,serta mengutus mahasiswa untuk mengikuti kegiatan pemilihan Duta BKKBN (utusan Fakultas Teologi UKIT terpilih menjadi Duta BKKBN).
- Mahasiswa yang terdaftar di Semester Ganjil 2011/2012 berjumlah 207 dengan rincian:
Semester I: 23 Mahasiswa (Laki-laki: 10, dan perempuan:13)
Semester III: 29 Mahasiswa (Laki-laki : 10 Perempuan : 19)
Semester V: 36 Mahasiswa ( Laki-laki : 11 dan Perempuan : 25)
Semester VII: 43 Mahasiswa (Laki-laki : 10 dan Perempuan : 33)
Semester IX: 33 Mahasiswa ( Laki-laki : 15 dan Perempuan : 18)
Semester XI: 33 Mahasiswa ( Laki-laki : 17 dan Perempuan : 16)
Semester XIII: 7 Mahasiswa ( Laki-laki : 4 dan Perempuan 3)
Semester XV : 3 Mahasiswa (Laki-laki : 3 dan Perempuan: - )
- Dalam rangka sosialisasi penerimaan mahasiswa baru, telah dibentuk tim kerja dikoordinir oleh bagian kemahasiswaan.
- Gereja pengutus: 16 Sinode, yaitu Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM), Gereja Masehi Injili Sangihe Talaud (GMIST), Gereja Masehi Injili di Talaud (GERMITA), Kerapatan Gereja Protestan Minahasa (KGPM), Gereja Masehi Injili di Bolaang Mongondow (GMIBM), Gereja Protestan di Boul Toli-Toli (GPIBT), Gereja Protestan Indonesia Donggala (GPID), Gereja Kristen Sulawesi Tengah (GKST), Gereja Kristen Luwuk Banggai (GKLB), Gereja Kristen Banggai Kepulauan (GKBK), Gereja Protestan Sulawesi Tenggara (GEPSULTRA), Gereja Masehi Injili di Halmahera (GMIH), Gereja Protestan Maluku (GPM), Gereja Kristen Indonesia di Tanah Papua (GKI-Papua), Gereja Protestan di Papua (GPI-Papua), Gereja Jemaat Protestan Indonesia Papua (GJPI-Papua).
Lampiran 4
Program Terpadu/Pengutusan
1. Mengirimkan BORANG Akreditasi ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada bulan Oktober 2010. Kemudian tanggal 15-17 Desember 2010 Tim Asesor BAN-PT yaitu Daniel Nuhamara, Drs.,M.Th.,Ed.D. dan Samuel B. Hakh, Dr. ditugasi oleh BAN-PT untuk melaksanakan Asesmen Lapangan.
2. Dalam rangka program digitalisasi Koran-Koran Lokal secara Nasional, maka Yayasan Pelita Kasih Abadi (PEKA) Manado bekerjasama dengan Perpustakaan FTeol UKIT. Program ini berkaitan langsung dengan program Nasional Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Atas kerjasama ini, Perpustakaan mendapatkan copy file elektonik seluruh koran lokal termasuk Tribun Manado, Swara Kita, Posko, Media Sulut. Kita mendapat surat ucapan terima kasih dari PT.Jasa Layanan Risetindo (JRI-Research) yang melaksanakan tugas ini berdasarkan surat dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Perencanaan Pembangunan Nasional No. 02/XI/SK-ViCIS/2010 TANGGAL 2 November 2010.
3. Sebagai salah satu sekolah anggota The Association of Theological Education in South East Asia (ATESEA) yang melaksanakan The South East Asia Graduate School of Theology (SEAGST), Dekan telah melaksanakan wisuda atas nama Dean of SEAGST/ATU yang berkedududkan di Manila untuk Pdt.William Kahiking (GMIST) dan Pdt.Soliska Galusiri Toory (GMIH) dengan gelar Master of Theology (M.Theol) pada tanggal 17 Desember 2010.
4. Dua dosen berhasil menyelesaikan studi lanjut pada Program Pascasarjana Teologi UKIT yakni stratum dua, Denni H.R.Pinontoan (bidang studi Agama-Agama) dan stratum tiga, Pdt. Karolina Augustien Kaunang (bidang studi Sistematik) pada bulan Desember 2010.
5. Sebagai tindak lanjut dari keikut-sertaan Perpustakaan kita dalam forum-forum Pustakawan dan Perpustakaan Teologi secara nasional, maka Sdr.Roy M.Langoy, S.Teol ditunjuk sebagai Sekretaris Panitia Pelaksanaan Forum Pustaka dan Perpustakaan Teologi yang dilaksanakan di Manado pada tanggal 26-28 Januari 2011, sekaligus Perpustakaan UKIT menjadi Kantor Administrasi Panitia ini.
6. Dalam rangka melanjutkan kemitraan dengan Lembaga Masyarakat Interfidei yang berkedudukan di Yogyakarta, maka Direktur Interfidei (alumnus FTeol UKIT, Pdt. Drs. Elga Sarapung, S.Th) melibatkan FTeol UKIT dalam pembuatan film tentang Interfidei pada tanggal 25-29 Januari 2011. Pelaksana shooting film : Interfidei dan 4 orang dari Gereja Protestan di Perancis.
7. Pekan Pertukaran Mahasiswa antara FTeol UKIT dengan Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng (STFSP) dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Manado pada minggu keempat Februari 2011.
8. Pemilihan Dekan dan Para Pembantu Dekan (8 April 2011) serta Penetapan Pimpinan Program Studi untuk periode 2011-2015. Pelantikan dan Serah Terima pada 11 Mei 2011 berdasarkan SK Rektor.
9. Pemilihan dan Penetapan Anggota Senat Fakultas dan Anggota Senat Universitas pada bulan Mei 2011.
10. Pdt. Leintje Kaunang, D.Th (Pembantu Dekan I) dan Pdt. Johanna P. Setlight, M.Th (Pembantu Rektor I), Pdt. Vera Loupatty,M.Teol (Ketua Prodi Teologi Kristen Protestan) melaksanakan tugas lembaga (kedinasan) di Jakarta pada akhir Juli 2011.
11. Temu Alumni yang berada di wilayah pelayanan GMIST (Tahuna dan Siau), GMIBM, GKLB dan GMIH pada bulan Juli dan awal Agustus 2011.
12. Menyediakan fasilitas tempat tinggal (penampungan) bagi para pengungsi korban bencana gunung Lokon di ruang-ruang kuliah Kalutay pada bulan Juli sampai medio Agustus 2011.
13. Dalam rangka Program Studi Lanjut Dosen, Pdt. Marhaeni Luciana Mawuntu, S.Th.M.Si memulai studi S3 dalam Program Studi Sosiologi Agama di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga (UKSW) pada semester ganjil tahun 2011/2012. Pdt.Vera Loupatty, M.Teol telah lulus ujian masuk S3 di Sekolah Tinggi Teologi (STT) Jakarta dan akan memulai studi pada semester genap tahun 2011/2012.
14. Dalam rangka sharing pengetahuan dan pengembangan wawasan serta ketrampilan dan berdasarkan undangan, telah diutus :
- Pdt.Dr.Karolina Augustien Kaunang mengikuti Focus Group Discussion tentang Pemetaan Isu-Isu Strategis Indonesia Timur bertempat di Makassar pada tanggal 6-8 Maret 2011. Pelaksana : Biro Penelitian dan Komunikasi PGI.
- Sdr. Yonatan Kembuan (Presiden Dewan Eksekutif Mahasiswa) dan Sdr. Apriany Andaria (Sekretaris Dewan Eksekutif Mahasiswa) mengikuti Konsultasi Nasional Mahasiswa Teologi Indonesia pada tanggal 18-21 April 2011 bertempat STT HKBP Nomensen Pematang Siantar. Pelaksana : Perhimpunan Sekolah-Sekolah Teologi di Indonesia (PERSETIA).
- Pdt.Marhaeni Luciana Mawuntu, S.Th.M.Si dan Denni H.R.Pinontoan,M.Teol mengikuti Workshop Inter-religious Understanding and Peacebuilding Initiatives (IUPI) bertempat Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta pada tanggal 18-22 Juli 2011. Pelaksana : UKDW dan Board United.
- Pdt. Vera Elisabeth Burhan, M.Teol dan Rima Lombogia, M.Teol mengikuti Pelatihan Fasilitator Korban Trafiking di Sumba pada tanggal 10-13 September 2011. Pelaksana : Departemen Perempuan dan Anak PGI
Lampiran 5
Data Dosen: Nama Dosen/Bidang Studi Utama
DOSEN TETAP


No
Nama Dosen
Jab. Fungsional
Bidang Studi
1
Assa, Maria., M.Min.

Pastoralia
2
Burhan, Vera Elizabeth., M.Teol
Assisten Ahli
Pastoralia
3
Gara, John Nicolaas, Dr., MA.
Lektor
Ibadah
4
Kaunang, Karolina Augustien, Dr.
Lektor
Dogmatika
5
Kaunang , Lientje, D.Th
Lektor
Biblika PB
6
Kumaat, Gills Engelbert W., Drs., S.Th., M.Si
Lektor
Agama Masyarakat
7
Lahiwu, Bestintje., S.Th

Pastoralia
8
Lintong, Jonely Christy, Dr
Assisten Ahli
Agama-agama
9
Loupatty, Vera, M.Teol
Assisten Ahli
Dogmatika
10
Lombogia, Rima N., M.Teol

Pastoral
11
Lintang, Meiva, S.Th.

Biblika PB
12
Masalamate, Leonard, M.Teol

Biblika PB
13
Momongan, Telly Djenny, Th.M

PAK
14
Pinontoan, Denni H. R.,M.Teol

Agama-agama
15
Politton, Laurens Johanes, S.Th

Manajemen
16
Roeroe ,Wilhelmus Absalom, Prof. Dr.
Guru Besar
Biblika PL
17
Setlight, Johana Paulina, M.Th
Lektor
PAK
18
Siwu, Richard Adolf Daniel, Dr. MA., Ph.D
Lektor
Misiologi
19
Sondakh, Johny J. G., M.Teol

Etika
20
Supit, Marthin, Th.M
Assisten Ahli
Etika
21
Tandiapa, Hellena Johana, M.Teol
Assisten Ahli
Sejarah Gereja
22
Tangkudung, Magdalena H., Dra., M.Si
Lektor
Agama Masyarakat
DOSEN STUDI LANJUT
No
Nama Dosen
Jab. Fungsional
Bidang Studi
1
Mawuntu, Marhaeni Luciana, S.Th., M.Si.
(Studi Lanjut di Program Pascasarjana Sosiologi Agama UKSW)

Agama & Masyarakat
2
Ondang Kemerlien, S.Th., M.Th. *
(Studi Lanjut di PThU Netherland)

Sistematika
3
Wangkai, Ruth Ketsia (Ny. Awondatu) *
(Studi Lanjut di SEAGST-UKDW Yogyakarta)

Agama Islam
* Jabatan Fungsional sedang dalam proses di KOPERTIS
DOSEN TIDAK TETAP
No
Nama Dosen
Bidang Studi
1
Damar, Alvin, S.Th
Seni
2
I Wayan Jhony, M.Teol
Misiologi
3
Karundeng, Roikson, S.Th.
Agama-Agama
4
Karundeng, Narwasty Vike, M.Teol.
Biblika PL
7
Singal, Martje, Dra
Pancasila
8
Tontey, Max Edward, M.Teol
Historika
Lampiran 8 : Data Pegawai dan bidang kerja
No
Nama Pegawai
Bidang Kerja
1
Roy M. Langoy, S.Th
Perpustakaan
2
Marry Tumundo, M.Teol
Perpustakaan
3
Frida Mukuan
Akademik
4
Delvis R. Zatmiko, M.Teol
Kepala Bagian Akademik
5
Sandy Tambajong, M.Teol
Jaringan Internet
6
Ronald B. Rondonuwu, S.Teol
Keuangan & Sarana Prasarana
7
Relsie H. Sinaulan, S.Teol
Kepala Tata Usaha
8
Kartini A. Basintuwu, S.Teol
Kasir
9
Rachmawati J. Porawouw, S.Teol
Akademik
10
Jorry Tumengkol, M.Teol.
Kemahasiswaan & HUMAS
11
Eduard Supit
Satpam
12
Jefry Supit
Satpam
13
John Taroreh
Satpam
14
Vano Rares
Satpam
15
Wesley Wilar
Sopir
16
David Sondakh
Dapur
17
Ny. S. Londah
Dapur
18
Ny. J. Langi
Dapur
19
Ny. E. Sitompul
Dapur
20
Elsye Mait
Dapur

Lampiran 9 : Pimpinan/ Senat Fakultas
Pimpinan Fakultas Teologi UKIT
Periode 2011 - 2015
Dekan
Pdt. Dr. Karolina Augustien Kaunang
Pembantu Dekan Bidang Akademik
Pdt. Lientje Kaunang, D.Th
Pembantu Dekan Bidang Administrasi Umum, Keuangan & Sarana Prasarana
Pdt. Telly Djenny Momongan, Th.M.
Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan & HUMAS
Pdt. Leonard Masalamate, M.Teol.
Ketua Program Studi Teologi Kristen Protestan
Pdt. Vera Loupatty, M.Teol.
Sekretaris Program Studi Teologi Kristen Protestan
Pdt. Helena Johana Tandiapa, M.Teol

SENAT FAKULTAS TEOLOGI UKIT
PERIODE 2011 - 2015

Ketua : Pdt. Dr. Karolina Augustien Kaunang
Sekretaris : Pdt. Johanna Paulina Setlight, M.Th.
Anggota : Pdt. Lientje Kaunang, D.Th
Pdt. Telly Dj. Momongan,Th.M
Pdt. Leonard Masalamate, M.Teol
Pdt. Vera Loupatty, M.Teol.
Pdt. Hellena J. Tandiapa, M.Teol.
Pdt. Prof. Dr. Wilhelmus A. Roeroe
Pdt. Maria Assa, S.Th., M.Min
Lampiran 10 : Pimpinan DPM/DEM Periode 2011/2012
Dewan Perwakilan Mahasiswa
Ketua : Krueger Kristianto Tumiwa
Sekretaris : Yola Vera Karaseran
Dewan Eksekutif Mahasiswa
Presiden : Gerald J. Lintong
Wkl. Presiden : Fernando Durandt
Sekretaris Jenderal : Hana I. Tamunu
Wkl. Sekretaris Jenderal : Novri Citra Awuy
Lampiran 11 : Pimpinan FOM 2010/2011
Ketua : Bpk. Johanis Tamunu
Wakil Ketua : Bpk. Marthen Tulung
Sekretaris : Drs. August F. R. Umboh
Bendahara : Bpk. David Sumuru
Wakil Bendahara : Ny. V. Lengkey-Malonda
Anggota : Ny. Komansilan-Pelleng
Ny. L. D. Kalalo-Kamagi
Ny. D. Ponto-Manuas
Bpk. Awuy
Nancy Rompas


0 komentar :

Labels

Recent news

About Us

Fakultas Teologi UKIT (Jln. Raya Tomohon Kakaskasen) Telp. (0431) 351081, Fax (0431) 351585